KesehatanReview

Tips Aman dan Sehat Naik Ojek Selama Pandemi Corona dari SehatQ

tips-aman-dan-sehat-naik-ojek-selama-pandemi-corona-dari-sehatq

Pandemi corona memaksa kita untuk menjaga jarak dengan orang lain. Ketika berada di tempat umum pun, kita perlu menjaga jarak, termasuk juga saat naik transportasi umum. Apakah berlaku juga ketika naik ojek? Tentu saja. Semua ini dilakukan demi melindungi diri dari risiko terinfeksi virus corona. Untungnya, ada tips aman naik ojek selama pandemi corona dari laman www.sehatq.com.

Aman dan Sehat Naik Ojek Selama Pandem

Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 perlu diterapkan di semua aspek kehidupan, termasuk juga ketika Anda naik kendaraan umum. Untuk Anda yang sering menggunakan ojek untuk beraktivitas sehari-hari, baik itu ojek online maupun ojek pangkalan, berikut ini ada beberapa tips aman saat naik ojek yang bisa Anda ikuti:

1. Pakai masker

Yang pertama, jangan lupa pakai masker. Sejak sebelum corona, kebiasaan pakai masker selama naik ojek mungkin sudah Anda terapkan dengan baik. Jika sebelumnya Anda mengenakan masker untuk menangkal debu dan polusi kota, kini Anda memakai masker untuk melindungi diri dari penyakit berbahaya. Oleh karena itu, masker yang dipakai juga masker khusus.

Apabila Anda mengenakan masker kain, pilih masker yang terbuat dari tiga layer kain. Masker 3 layer ini merupakan masker yang sesuai stAndar agar bisa menangkal partikel virus dan partikel berbahaya lainnya.

2. Bawa helm sendiri

Yang kedua, jangan lupa bawa helm sendiri. Terkesan ribet, ya? Tapi ini demi keamanan diri Anda sendiri. Jika biasanya Anda mengenakan helm yang dibawa oleh pengemudi ojeknya, kini Anda perlu membiasakan diri untuk membawa helm sendiri. Ingat, hindari memakai barang bersama-sama dengan orang lain karena kita tidak pernah tahu apakah orang tersebut terinfeksi corona atau tidak.

3. Bawa hand sanitizer

Yang ketiga, bawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70%. Meskipun tidak lebih ampuh daripada mencuci tangan dengan air dan sabun, hand sanitizer lebih mudah dibawa ke mana-mana. Termasuk saat sedang naik ojek. Anda bisa memakainya kapanpun dan dimanapun sehingga tangan Anda lebih steril.

4. Gunakan pembayaran non tunai

Yang keempat, gunakan pembayaran non tunai. Dikutip dari laman www.sehatq.com, uang kertas bisa menjadi media penyebaran virus corona karena droplet bisa hinggap di permukaan kertas dan bertahan di sana sampai menemukan inangnya yang baru. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan pembayaran non tunai yang sudah tersedia.

5. Tidak saling mengobrol

Yang kelima, tidak saling mengobrol. Meskipun Anda merasa bosan selama perjalanan naik ojek, Anda cukup menikmati pemandangan sekitar saja. Tidak perlu membuka obrolan dengan pengemudi ojeknya. Kenapa? Selama Anda berbicara, ada banyak droplet yang dihasilkan padahal jarak Anda dan jarak pengemudi ojek sangat dekat. Daripada risiko terinfeksi virus corona semakin meningkat, lebih baik Anda menahan diri untuk mengobrol.

Nah, itulah 5 tips aman naik ojek selama pandemi ini. Untuk tips-tips aman lainnya terkait pandemi corona ini, Anda bisa mengunjungi laman www.sehatq.com. Ada banyak artikel di bidang kesehatan yang bisa Anda temukan melalui direktori tag. Tidak perlu ragu, karena semua informasi yang ada di laman tersebut terjamin kredibilitasnya karena ditulis oleh orang-orang yang ahli di bidangnya.

Selain bisa mengakses banyak informasi di bidang kesehatan, Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur lainnya yang tersedia. Anda cukup mengunduh dan memasang aplikasi SehatQ di ponsel pintar Anda untuk menikmati fitur yang tersedia, mulai dari konsultasi dengan dokter, membuat janji temu dengan dokter, hingga memesan obat secara online. Hanya dengan satu aplikasi, Anda sudah bisa menikmati beragam layanan kesehatan tanpa perlu keluar rumah.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button