Tanda-Tanda dan Gejala Virus Corona yang Perlu Kita Kenali

  • Whatsapp

Kini semakin banyak orang yang terjangkit oleh wabah corona. Bahkan di Indonesia sendiri sudah ada korban jiwa yang terkonfirmasi. Menyebarnya wabah ini perlu menjadi perhatian khusus bagi kita. Salah satu caranya adalah mengetahui gejala virus Corona kita perlu sadar tanda-tanda umum dan gejala spesifiknya seperti apa.

Read More

Cause Covid-19 is unclear

Pihak WHO mengatakan penyebab dari virus Corona ini terbilang tidak jelas. Entah itu merupakan modifikasi penelitian ataupun muncul dari virus yang ada dalam kelelawar saja. Jika kita bilang bahwa virus tersebut berasal dari kelelawar maka terasa aneh jika virus tersebut baru muncul. Mungkin saja virus mengalami morfologi terkait dengan perlakuan dan lingkungannya.

Meski begitu statement resmi dari WHO mengatakan virus ini tidak jelas. Penyebarannya ya begitu cepat juga merupakan problema yang hingga saat ini hanya bisa di Provinsi melalui pembatasan antara yang terjangkit dan yang tidak terjangkit. Tapi hal yang perlu kita ketahui adalah kepanikan akan virus ini sangat tidak diperlukan.

Banyak orang yang sangat panik karena munculnya wabah corona. Padahal virus ini hanya punya resiko kematian sangat kecil yakni 0,2%. Tetapi angka tersebut rasa tidak dipercaya oleh orang-orang karena melihat berita di televisi di mana ada ribuan korban korona yang meninggal dunia. Di negara terjangkit seperti Korea sudah banyak penderita korona yang sembuh total.

Tanda-Tanda Umum Corona

Tanda-tanda umum dari gejala spesifik sangat berbeda. Tanda-tanda virus korona justru lebih terlihat seperti flu biasa. Tidak enak badan seperti demam pusing hingga bersin-bersin merupakan salah satu gejala dari virus ini. Tetapi efek lanjutan yang mungkin terjadi akan berbeda dibandingkan flu biasa.

Beberapa tanda-tanda yang secara umum biasa kita lihat pada flu biasa juga ada di virus korona ini. Meskipun itu sulit dibedakan, kita tetap perlu mempelajari dan waspada sebab kemunculan jadi virus ini juga terbilang sangat tiba-tiba jadi belum ada jurnal ilmiahnya. Jurnal ilmiah biasanya digunakan sebagai acuan ataupun dasar teori bagi para dokter dan peneliti.

Tanda-tanda virus korona dapat kita katakan sebagai berikut:

Bersin-bersin

Demam

Batuk

Pusing

Dapat dibilang tanda-tanda ini sangat umum bahkan tidak dapat mendeskripsikan bahwa merupakan wabah corona. Tanda-tanda ini biasanya kita temukan pada penyakit flu biasa. Tapi penyakit flu biasanya hanya berlangsung selama tidak lebih dari 4 hari. Ketika sudah lebih dari seminggu kita wajib melakukan pemeriksaan.

Gejala Spesifik Corona

Korona memiliki gejala spesifik yang harus kita ketahui. Tanpa mengetahui spesifiknya bagaimana kita memvonis seseorang bahwa dia adalah penderita korona ataupun tidak? Walaupun kita tidak memiliki hak apa-apa dalam memvonis, paling tidak kita bisa berjaga-jaga ataupun membantu tetangga dan saudara kita lainnya.

Virus korona memiliki gejala spesifik atau gejala lanjutan yang sangat berbahaya. Terkadang virus ini bisa menyebabkan kematian dan bahkan banyak dari para penderita sudah meregang nyawa karena virus ini. Gejala spesifik yang timbul dari virus korona bisa kita kenali dari munculnya tanda-tanda umum sebelum gejala ini muncul.

Gejala spesifik dari virus Corona adalah sebagai berikut:

Pneumonia

Sindrom pernapasan akut

Gagal ginjal

Sesak nafas

Gejala seperti ini biasanya muncul setelah tanda-tanda umum dari virus Corona juga terlihat sebelumnya. batuk yang diderita biasanya tidak sembuh dengan pengobatan normal. Demam muncul secara tiba-tiba juga membuat si pasien mulai drop. Pada saat itu baru akan muncul gejala lanjutan yang memang secara spesifik merupakan gejala virus Corona.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *