Penyebab dan Tips Mengatasi Mood Swing saat Haid

Periode menstruasi untuk perempuan normalnya terjadi setiap satu bulan sekali dalam jangka waktu 4-10 hari. Nah, tak jarang perempuan mengalami mood swing saat haid karena beberapa penyebab. Walaupun normal, ada beberapa perempuan yang menilai penyebab mood swing saat datang bulan terasa cukup mengganggu. Lalu, apa saja penyebab mood swing saat haid dan cara mengatasinya? Berikut penjelasannya!

Read More

Penyebab Mood Swing

Pre-menstrual Syndrome (PMS) adalah suatu gejala khusus yang para perempuan rasakan karena ada perubahan kondisi pada tubuhnya. Salah satu contoh yang berkaitan dengan PMS adalah mood swing yang berlebihan karena lonjakan emosi yang cukup mengganggu.

Meskipun begitu, penyebab mood swing saat haid belum diketahui secara pasti walaupun selalu dikaitkan dengan perubahan hormon yang memang terjadi selama masa haid.

Saat periode haid, tubuh seorang perempuan mengalami penurunan kadar estrogen dan progesteron yang cukup besar untuk memicu suatu gejala fisik maupun emosional. Hal ini juga disangkut pautkan oleh penurunan kadar serotonin yang berfungsi mengatur perasaan bahagia pada sel-sel otak.

Tips Mengatasi Mood Swing

Setelah mengetahui penyebab mood swing saat haid yang mungkin saja mengganggu aktivitas sehari-hari, inilah tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

1. Olahraga yang Teratur

Olahraga yang cukup bisa membantu otak mengatasi stres yang berlebihan akibat kekurangan hormon. Selain itu, setelah berolahraga, otak juga akan menghasilkan hormone endorphin yang bertujuan untuk membuat perasaan senang.

Untuk Anda yang masih pemula, tidak perlu berolahraga yang berat. Anda dapat memulainya dengan jalan santai, berenang, bersepeda, dan jenis olahraga ringan lainnya. Selain itu, lakukan juga teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga.

2. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi

Jika Anda ingin mengatasi mood swing saat haid, konsumsilah makanan yang dapat membantu meningkatkan suasana hati seperti makanan yang mengandung nutrisi khususnya kalsium, B6, dan magnesium.

Contoh makanan yang memiliki nutrisi tersebut adalah ikan, buah-buahan, ayam, yogurt, bayam, kangkung, sawi, ikan teri, dan keju.

3. Hindari Binge Eating

Binge eating adalah perilaku makan dalam jumlah banyak/porsi besar dan cenderung tak terkendali. Hal ini umumnya memang sering Anda temukan pada perempuan yang sedang atau akan haid untuk memperbaiki mood mereka.

Menurut Glenn Livingston dalam bukunya “Never Binge Again”, sebenarnya tidak ada pengaruh memakan camilan untuk meningkatkan mood tubuh. Nyatanya, hal ini lebih dipicu oleh keinginan.

Selain itu, Anda sebaiknya menghindari memakan makanan yang tinggi gula dan tinggi kafein karena kedua bahan ini justru menyebabkan gangguan emosi.

4. Tidur yang Cukup

Orang dewasa membutuhkan jam tidur normal selama 7-8 jam di malam hari. Hal ini berfungsi untuk mengembalikan energi dan memperkecil gangguan emosi yang mungkin saja terjadi.

Sudah Mengerti Cara Mengatasi Mood Swing?

Itulah beberapa penjelasan tentang mood swing saat haid yang mungkin mengganggu beberapa perempuan. Bagi Anda yang memiliki masalah haid lainnya, segera cari tahu penyebabnya agar bisa mendapat jalan keluar yang paling tepat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *