Mau Belajar Berenang? Kenali Dulu 6 Gaya Ini

  • Whatsapp

mau-belajar-berenang-kenali-dulu-6-gaya-ini

Berenang menjadi aktivitas yang sangat mengasyikan. Selain membuat tubuh menjadi lebih sehat, pikiran pun menjadi lebih segar. Bahkan di akhir pekan, tidak sedikit keluarga meluangkan waktunya untuk pergi ke wisata kolam renang. Selain bisa bermain di dalam air, mereka juga menikmati perosotan yang menjulang tinggi, dan lain sebagainya. Untuk itu, perlengkapan renang tentu harus dipersiapkan.

Read More

Namun, berenang tidak hanya bermain di dalam air. Bagi sebagian orang, berenang hanya sekedar bergerak di dalam air. Padahal ada berbagai jenis gaya renang yang bisa dipelajari. Ini tentu saja bermanfaat bagi kesehatan Anda karena setiap gaya memiliki manfaat tersendiri.

Jenis gaya renang

Lalu, jenis berenang gaya apa saja yang bisa Anda pelajari? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Gaya Renang Punggung

Gaya renang yang satu ini terbilang gaya yang cukup mudah dilakukan, bahkan untuk pemula. Gaya renang punggung dilakukan dengan posisi badan terlentang. Untuk menggerakkannya, gunakan kaki dan tangan, gerakan secara bersamaan. Bahkan, ada yang menggerakan bagian kaki saja, sedangkan tangannya cukup diam saja.

Gaya renang punggung tidak memiliki teknik khusus untuk pernapasannya. Teknik pengambilan napas cenderung lebih mudah karena wajah Anda tidak berada di dalam air. Namun, hati-hati jika tiba-tiba tubuh Anda tidak stabil kemudian tenggelam. Bisa-bisa air masuk ke dalam hidung dan menimbulkan ketidaknyamanan.

2. Gaya Renang Dada

Dibandingkan gaya renang punggung, gaya renang dada terbilang cukup mudah untuk pemula. Gaya renang ini mirip seperti pergerakan katak saat berenang. Oleh karena itu, pastikan tangan dan kaki Anda cukup kuat untuk melakukan gaya renang yang satu ini.

Untuk memulainya, pastikan dada menghadap permukaan air. Kemudian, lakukan gerakan kaki menendang ke arah luar dengan tangan lurus ke depan. Lalu, gerakan tangan dengan membuka menyamping agar tubuh bergerak lurus ke depan. Ambil napas setiap masing-masing kaki dan tangan bergerak satu kali.

3. Gaya Renang Bebas

Gaya renang yang satu ini menerapkan gaya pergerakan yang bebas menggunakan tangan dan kaki. Meskipun demikian, gaya renang yang satu ini tetap memiliki aturan. Pertama-tama, hadapkan badan tepat di permukaan air. Setelah itu, lakukan pergerakan menyerupai gerakan gunting, yaitu tangan mengayun ke depan, dan kaki menendang.

Sedangkan teknik pernapasannya dilakukan saat tangan berada di posisi atas saat mengayuh. Bagian kepala dimiringkan ke kanan kemudian ke kiri secara bergantian, lalu ambil nafas melalui mulut. Jangan lupa menggunakan perlengkapan renang seperti kacamata, ya!

4. Gaya Renang Anjing

Seperti namanya, gerakan gaya yang satu ni menyerupai anjing saat berenang. Posisinya, kaki dan tangan digerakkan bersama-sama seperti mengayuh, sedangkan posisi kepala berada di atas air. Gaya renang yang satu ini terbilang cukup melelahkan karena Anda harus menggerakan kaki dan tangan secara cepat agar tetap bergerak dan mengambang.

5. Gaya Renang Kupu-kupu

Gaya renang kupu-kupu atau butterfly stroke adalah salah satu gaya yang dianggap paling susah, khususnya jika dipelajari oleh pemula. Untuk melakukan gaya renang ini, dada berada di posisi menghadap ke air. Lalu, gerakan kedua tangan ke arah bawah dengan posisi kaki lurus. Kemudian lakukan gerakan penekanan menggunakan tangan dan kaki untuk mengambil nafas di permukaan air.

Untuk melakukan gaya renang ini, dibutuhkan teknik khusus agar irama tangan dan kaki bisa terkontrol dan melakukan gerakan yang tepat.

Itulah lima gaya renang yang harus Anda ketahui. Lengkapi aktivitas berenang Anda dengan perlengkapan renang yang bisa Anda beli di toko online dengan harga yang terjangkau. Yuk, mulai berenang dari sekarang!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *