Kenali Kebiasaan Buruk Sebabkan Masalah Gigi dari SehatQ

  • Whatsapp

Semua orang tahu bahwa salah satu faktor penyebab masalah gigi dan kesehatan mulut adalah malas menggosok gigi. Anda yang tidak rutin menggosok gigi bisa mengalami masalah kesehatan mulut mulai skala ringan sampai parah, lho! Dokter spesialis gigi akan membantu Anda mengatasi permasalahan gigi dan mulut agar tidak menyebabkan risiko komplikasi seperti kerusakan jaringan gigi hingga kanker mulut.

Read More

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Sebabkan Kerusakan Gigi Anda

Seperti yang diketahui bahwa gigi merupakan bagian penting yang berfungsi untuk mengunyah makanan yang masuk ke mulut Anda. Struktur kuat gigi bisa saja rusak disebabkan oleh kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan. Apa saja, ya? Yuk, ketahui penyebab kerusakan gigi akibat 5 kebiasaan berikut!

1. Jangan langsung menggosok gigi setelah makan asam

Meski ada anjuran gosok gigi setelah makan, tapi Anda harus mengetahui jenis makanannya lebih dulu. Jika Anda baru saja menikmati jus jeruk atau buah-buahan asam lain, maka tunggu waktu minimal satu jam sebelum menyikat gigi. Menyikat gigi setelah makan buah asam bisa berpotensi merusak enamel gigi Anda, lho!

2. Salah memilih sikat gigi

Usahakan untuk membeli sikat gigi yang memiliki bulu halus sehingga tidak merusak jaringan pendukung gigi Anda. Jika salah pilih sikat gigi yang berbulu kasar, maka risiko enamel gigi bisa terkikis dan rusak. Selain itu, bulu sikat yang kasar akan menyakiti gusi Anda sehingga rentan mengalami masalah penyakit gusi. Jika sikat gigi bulu kasar bisa menghilangkan tumpukan plak, sebaiknya Anda menggunakan benang gigi saja.

3. Menggigit benda padat atau keras

Hilangkan kebiasaan buruk Anda yang suka menggigit sesuatu yang padat dan keras sebab gigi diperuntukkan untuk menggigit makanan yang lunak. Anda yang suka membuka kemasan makanan dengan gigi, sebaiknya segera hindari kebiasaan buruk yang akan merusak gigi tersebut.

4. Konsumsi minuman tidak sehat

Penyebab kerusakan pada gigi bisa disebabkan oleh hobi Anda yang suka konsumsi minuman berwarna seperti kopi, teh atau minuman bersoda. Minuman yang mengandung kafein akan membuat gigi Anda alami perubahan warna menjadi lebih kekuningan. Konsultasikan dengan dokter spesialis gigi untuk Anda yang ingin melakukan perawatan gigi kembali putih dan sehat.

5. Hobi makan camilan manis

Memang siapa yang bisa lepas dari makanan dan minuman yang memiliki citarasa manis? Ya, penyebab utama kerusakan pada gigi Anda adalah hobi ngemil coklat, permen, kue manis, cookies, dan lain-lain. Apalagi Anda yang malas menggosok gigi setelah konsumsi makanan atau minuman manis, maka rentan mengalami masalah pada gigi. Tidak hanya berpeluang merusak lapisan gigi Anda saja, tetapi camilan manis akan meningkatkan risiko tubuh mengalami masalah penyakit dan kenaikan berat badan berlebih.

Anda yang mengalami masalah kesehatan gigi dan mulut selama pandemi dan takut datang ke klinik untuk menekan risiko penyebaran virus corona, maka bisa menggunakan fitur chat dokter di SehatQ.com sekarang juga. Jika Anda hanya mengalami masalah sakit gigi ringan, maka konsultasi gratis lewat online bisa menjadi pilihan. Selanjutnya Anda bisa membeli obat-obatan pereda nyeri gigi yang diberikan dokter di SehatQ. Jika sakit gigi tidak tertahankan dan perlu perawatan segera di klinik, booking dokter lewat fitur yang tersedia.

Anda bisa memilih klinik dan dokter spesialis gigi yang siap menangani segala permasalahan lewat situs SehatQ saja. Jauh lebih mudah, praktis dan hemat segalanya, bukan? Jangan malas gosok gigi dan lakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut ke dokter terpercaya setidaknya enam bulan sekali, ya!

 

Sumber

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4521963/5-kebiasaan-buruk-yang-bisa-merusak-gigi-kamu

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *