Lifestyle

5 Tips Aman Memilih Sampo Kucing Terbaik

5-tips-aman-memilih-sampo-kucing-terbaik

Kucing sering menjadi peliharaan kesayangan karena imut dan menggemaskan. Anak-anak suka bermain dengan kucing seperti mengelus bulu mereka yang lembut, menggendong ke mana-mana bahkan tidur bersama. Demi menjaga bulu kucing terhindar dari jamur, kutu dan kerontokan, Anda harus tahu cara memandikan kucing yang benar. Jangan lupa untuk memilih produk sampo kucing terbaik, ya!

Simak tips memilih sampo kucing yang aman berikut!

1. Pilih sampo kucing yang sesuai dengan jenis

Di pasaran, Anda bisa menemukan berbagai macam produk sampo yang bisa digunakan untuk manusia atau hewan. Demi menjaga bulu kucing yang terawat, sebaiknya Anda pilih jenis sampo yang benar-benar diformulasikan untuk kucing.

pH hewan dan manusia memiliki perbedaan sehingga sampo dengan formulasi khusus tidak akan membuat kulit kucing iritasi. Jika memiliki dua hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, Anda bisa menghemat anggaran dengan memilih produk sampo sama untuk dua jenis hewan berbeda tersebut.

2. Pilih sampo dari bahan organik

Selain mempraktikkan cara memandikan kucing yang benar, jenis sampo sangat mempengaruhi proses perawatan hewan kesayangan ini. Anda harus memastikan bahwa formula sampo kucing terbuat dari bahan alami atau organik. Bahan alami bisa mencegah risiko peradangan akibat pemakaian sampo yang mengandung bahan kimia.

Pilih sampo bahan lanolin, hypoallergenic dan bahan tumbuhan. Hindari memilih jenis sampo yang mengandung bahan surfaktan buatan atau menggunakan sampo medicated guna mencegah risiko kucing alergi.

3. Gunakan sampo yang bisa menghilangkan bau

Punya peliharaan kucing yang selalu mengekor ke mana langkah Anda pergi selama di rumah memang harus memperhatikan kebersihan. Jelas Anda tidak ingin si kucing bau pesing atau kotoran yang mengganggu indera pernapasan.

Cukup gunakan rekomendasi sampo yang bisa menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Anda harus memilih sampo yang bisa bekerja sebagai deodoran untuk kucing yang aktif bermain di dalam atau luar rumah. Sebisa mungkin Anda harus menghindari jenis sampo yang mengandung zat aditif pewangi.

4. Mengelola stress kucing

Tips aman agar si kucing terawat adalah menjaga hewan peliharaan dari stress. Manajemen stress tidak hanya berlaku pada manusia saja, ya! Stress kucing bisa disebabkan oleh penggunaan sampo dengan bahan pewangi berlebihan. Bisa jadi kucing tidak bisa mencium bau khas yang menguar dari tubuhnya sendiri. Hal ini memang digunakan kucing untuk menguasai wilayah pribadi mereka dengan mengusapkan bau khas tubuh kucing tersebut.

Jika tubuh kucing terlalu wangi akibat pemakaian sampo bahan pewangi berlebihan, mereka bisa saja menjadi stress. Tentu acara perawatan memandikan kucing dengan sampo pewangi gagal total. Bulu kucing bisa saja rontok karena stress yang melanda.

5. Memilih merk sampo berkualitas

Tips memilih sampo yang baik adalah memastikan jenis sampo sesuai dengan kebutuhan kucing Anda. Ketahui jenis kucing Anda agar bisa memilih sampo yang direkomendasikan.

Pilihan sampo untuk kucing yang berbulu lebat, bulu keriting, bulu putih, dan lain-lain wajib diperhatikan secara saksama. Lakukan kegiatan memandikan dan merawat bulu kucing minimal sebulan sekali atau pengecualian untuk kucing yang amat kotor.

Dengan mengetahui tips memilih sampo kucing yang bagus, Anda bisa mencari referensi sampo kucing berkualitas di pasaran. Sebaiknya pilih botol ukuran paling kecil sebagai uji adaptasi bulu kucing terhadap sampo yang Anda pilih. Bisa saja kucing mengalami alergi atau bulu semakin rontok karena tidak cocok dengan formula sampo tersebut. Konsultasi dengan dokter hewan agar Anda bisa memilih sampo dan cara memandikan kucing yang benar sesuai kebutuhan.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button