4 Tanda Anda Perlu Operasi Lutut Secepatnya

Tidak hanya masalah peradangan yang terjadi pada lansia saja, seseorang bisa saja membutuhkan operasi lutut karena alami cedera serius pada lutut. Pada kasus penderita yang memiliki penyakit autoimun bisa menyebabkan lutut tidak bisa berfungsi secara baik. Oleh sebab itu, operasi pengapuran lutut bisa dilakukan sesuai dengan kondisi kesehatan pasien masing-masing.

Tanda Operasi Lutut Harus Segera Dilakukan

Radang sendi yang terjadi bisa diatasi dengan metode sederhana di rumah. Tentu pengobatan arthritis di rumah tidak menyembuhkan secara keseluruhan, tapi bisa membantu meringankan nyeri yang terjadi. Bila Anda berencana melakukan operasi lutut, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter ortopedi terkait mulai pemeriksaan kesehatan hingga biaya operasi sendi lutut.

Read More

Anda perlu segera melakukan operasi pengapuran lutut bila mengalami beberapa tanda sebagai berikut :

1. Lutut terasa kaku

Rasa nyeri atau kekakuan pada lutut jelas menghambat aktivitas harian Anda. Anda bisa mengalami masalah tidak bisa jalan, tidak bisa naik tangga, duduk di kursi, atau berbagai aktivitas harian lain. Bila mengalami gejala semacam ini, segera konsultasi dan menyiapkan diri untuk melakukan prosedur operasi lutut.

2. Mengalami rasa sakit yang parah

Tidak hanya saat melakukan aktivitas harian saja, Anda bisa merasakan rasa sakit pada sendi saat tidak melakukan aktivitas apa pun atau istirahat siang dan malam hari.

3. Peradangan lutut kronis

Anda sudah melakukan berbagai pengobatan sederhana yang diharapkan mampu mengurangi radang sendi seperti terapi panas, terapi dingin, atau mengkonsumsi asam omega 3 secara rutin. Hal ini dikarenakan Anda mengalami peradangan lutut kronis atau pembengkakan yang tidak membaik seiring waktu meski telah mencoba melakukan pengobatan, termasuk mengkonsumsi obat pereda nyeri.

4. Kondisi lutut tidak membaik

Anda sudah melakukan terapi, konsumsi obat dan operasi lain, tapi tidak menunjukkan hasil yang maksimal. Perlu sekali untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh pada dokter ortopedi guna menentukan jenis operasi lutut yang akan dilakukan. Anda perlu melakukan operasi lutut dalam waktu dekat untuk mengembalikan fungsi lutut yang bisa digunakan beraktivitas seperti semula.

Ada beberapa kondisi pasien arthritis yang tidak boleh menjalankan prosedur operasi misalnya pasien septic arthritis, menderita penyakit pembuluh darah yang parah, menderita infeksi meski tidak pada lutut atau daerah yang berdekatan dengan lutut, serta mengalami kelainan fungsi dari otot tungkai. Bila Anda merupakan salah satu dari orang yang mengalami kondisi tersebut, maka tidak bisa melakukan prosedur operasi lutut.

Pastikan Anda melakukan operasi pengapuran lutut pada dokter ortopedi profesional yang menjamin prosedur operasi dilakukan sesuai keamanan dan kenyamanan pasien. Misalnya pasien operasi lutut mengalami obesitas akan dilakukan pendampingan khusus agar tidak terjadi risiko kesehatan yang terjadi setelah operasi dilakukan. Pilih dokter dan klinik bedah profesional untuk menjaga kenyamanan Anda sebelum hingga masa pemulihan pasca operasi, ya!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.