4 Syarat Umum Pembuatan Masker Kain Efektif Yang Wajib Anda Ketahui

  • Whatsapp
kanya.id

Di tengah pandemik covid 19, permintaan masker bedah meningkat tapi pasokan menurun. Melihat keadaan ini, pemerintah anjurkan masyarakat umum gunakan masker bahan kain sebagai alternatif pemakaian masker. Tentunya masker dari kain ini bisa dibeli dengan harga yang lebih rendah. Namun, tidak sedikit yang berniat untuk membuat sendiri. Jika demikian, berikut ini 4 syarat pembuatan masker kain yang harus Anda tahu agar produk lebih efektif.

Inilah 4 Syarat Buat Masker Bahan Kain Menurut CDC (Centers For Disease Control And Prevention) Yang Perlu Anda Tahu

1. Memiliki Tali Pengikat Atau Karet

Masker ditujukan untuk memberi perlindungan meski Anda dalam keadaan beraktivitas. Aktivitas apapun itu, masker yang baik tidak akan mengganggu dan tetap berada di posisi yang sama. Dianjurkan untuk gunakan karet telinga atau tali pengikat agar masker tidak bergeser posisi. Hal ini juga berkaitan dengan kerekatan masker pada wajah. Masker yang terlalu longgar dan memiliki bagian terbuka akan menurunkan tingkat efektivitas perlindungan.

Read More

2. Bisa Menutupi Tepi Wajah

Desain dan buat masker bahan kain yang bisa menutupi tepi wajah dengan baik. Rancang masker dengan ukuran yang cukup lebar atau panjang. Dengan ukuran yang lebih besar, setidaknya masker kain mampu menutupi sebagian pipi dan juga pangkal hidung. Anda bisa tiru model masker scuba yang sedang populer sebagai pacuan. Selain itu, model masker N95 atau masker bedah juga bisa Anda jadikan ide desain masker yang penuhi syarat.

3. Tidak Menghalangi Nafas

Pikirkan dengan baik bahan kain yang akan Anda gunakan. Pastinya, terbesit jika bahan yang lebih tebal akan lebih efektif halau partikel kecil atau virus. Pemikiran itu tidak salah, namun juga tidak 100% benar. Tujuan utama masker adalah melindungi sistem pernafasan dari virus tanpa menginterupsi pernafasan Anda. Jadi pastikan masker tidak halangi jalannya nafas. Siapa sih yang mau sehat tapi malah alami sesak nafas karena masker?

4. Tidak Berubah Bentuk Saat Dicuci

Syarat terakhir adalah gunakan bahan yang tidak akan berubah bentuk saat dicuci. Hal ini menjelaskan bahwa bahan yang digunakan untuk masker kain haruslah kuat dan tidak mudah terurai. Banyak bahan kain yang dikenal kokoh, seperti kain Oxford, Scuba, katun minyak, 100% katun dan lain sebagainya. Bahan yang baik tidak akan menciut, melonggar, atau rusak saat dicuci secara manual atau menggunakan mesin cuci.

Setidaknya itulah 4 syarat yang harus Anda penuhi saat buat masker bahan kain. Syarat tersebut berkaitan dengan model masker yang dianjurkan. Seperti model masker harus punya tali dan didesain agar bisa menutupi tepi wajah dengan baik. Selain itu, secara tidak langsung syarat tersebut juga menjelaskan ketentuan bahan yang digunakan. Dimana perlu bahan yang tidak berubah bentuk dan tidak menghalangi nafas. Jadi silakan Anda coba buat sendiri.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *